Sejarah Masuknya Internet ke Indonesia

Internet

Hai kawan, kali ini kita akan membahas tentang internet. Semua orang pasti mengenal apa itu internet, bahkan untuk mengakses ke website inipun atau membaca diartikel lain  dan bahkan mengakses sosial media, google, itu menggunakan internet. Namun apakah kalian tahu sejarah internet di Indonesia? Kapan sih internet masuk ke Indonesia?
Disinilah jawaban yang sekarang akan kita bahas.

Sejarah Internet di Indonesia
        Awal muncul internet di Indonesia sekitar tahun 1980-an, yaitu jaringan yang menghubungkan lima perguruan tinggi. Lima perguruan tinggi itu diantaranya UGM (Universitas Gajah Mada), ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), UI (Universitas Indonesia), UT (Universitas Terbuka), dan ITB (Institut Teknologi Bandung).
        Internet awalnya bermula dari kegiatan radio amatir ARC (Amatir Radio Club) ITB pada tahun 1986. Radio amatir itu hanya bermodalkan “pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dengan komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV) dan belasan anak ITB yang lain.
      Pada tahun 1989, awal mula mailing list yaitu indonesians@janus.berkeley.edu, diskusi antar mahasiswa yang melanjutkan perkuliahan di luar negeri. Pola mailing itu terus berkembang terutama pada host server ITB dan egroups.co. Dan pada akhirnya mailing list itu menjadi salah satu sarana dalam membangun komunitas di Indonesia.
        Pada tahun 1990, rekan-rekan ARC ITB berkomunikasi dengan Onno W. Purbo yang saat itu sedang menjalani perkuliahan di Kanada dengan menggunakan radio amatir. Dengan peralatan PC/XT dan walkie-talkie dengan band 2 meter, komunikasi antara Indonesia dan Kanada sangat lancar.
        Kemudian orang yang pertama menghubungkan internet di Indonesia adalah Joseph Luhukay. Joseph Luhukay adalah seorang pakar komputer dan ekonomi yang berhasil mengembangkan  jaringan UINet di berbagai Universitas di Indonesia dan mencetak prestasi dengan menghubungkan jaringan internet agar Indonesia masuk ke ranah global yang terjadi ketika tahun 1984.
        Setelah itu, muncul PT. Indo Internet dan PT. Pos Indonesia yang mengembangkan Wasantara Network. Dan juga ada IndoNet dan TelkomNet yang bergerak dibidang jasa ISP (Internet Service Provider)

Referensi:
Sejarah Perkembangan Internet
Sejarah Perkembangan Internet di Indonesiasp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *