Sejarah Komputer Dunia Bagian 1

Lima ribu tahun yang lalu, perangkat digunakan untuk membantu seseorang memproses data, dan selama berabad-abad, ada banyak peningkatan pada alat ini. Selama kita menjalani hidup, kita tidak menyadari bahwa dunia itu terus berubah. Dan apakah kalian tahu bahwa teknologi komputer sudah meningkat sangat jauh? dan Apakah kalian tahu sejarah perkembangan yang sedang kalian gunakan ini, mau handphone ataupun komputer? Simaklah materi berikut ini.

1. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik



Abacus/Sempoa
  Abacus atau disebut sempoa, mucnul sekitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan masih dipakai dibeberapa tempat hingga saat ini, dan alat inilah yang dianggap sebagai awal mula mesin komputer. Pada masa itu alat ini digunakan oleh para pedagang untuk menghitung suatu transaksi.

Kalkulator Roda Numeric

Calculator Roda Numeric                                                                      Blaise Pascal

Kemudian, pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) menemukan apa yang disebut kalkulator roda numeric. Kalkulator roda numeric berbentuk kotak persegi kuningan yang dinamakan Pascaline, menggunakan 8 roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini merupakan alat perhitungan berbasis bilangan sepuluh. Kelemahan alat ini terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Kemudian setelah 30 tahun Pascal mengembangkan alat hitungnya, Gottfried Wilhelm Leibnitz mengembangkan alat hitung yang bernama Leibnitz. Alat ini merupakan alat yang pertama kali melakukan pembagian dan perkalian secara langsung.

Charles Babbage

Tetapi, sebenarnya awal mula komputer dibentuk oleh Profesor Matematika Inggris, Charles Babbage (1791 – 1871), Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan
matematika: mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa
kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah – langkah
tertentu.masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat
untuk menjawab kebutuhan mekanik. Dari permasalahan itu, Usaha Babbage pertama muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan diferensi. Dan mesin tersebut dinamakan mesin diferensial. Dengan menggunakan uap, mesin tersebut bisa menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasil secara otomatis.

Mesin Diferensial

Kemudian, setelah 10 tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Dalam pembuatan komputer ini, Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815 – 1842) memiliki peran penting, ia membntu membuat, merevisi, mencari pendanaan dan mempublikasikan alat ini secara spesifik kepada publik. Lalu pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemograman
dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Walaupun mesin uap Babbage tidak pernah selesai, tampak primitif jika dibandingkan dengan mesin pada masa kini, tetapi mesin tersebut merupakan element dasar dari sebuah komputer modern.
Pada tahun 1889, Herman Hollerith (1860 – 1929) juga melakukan perhitungan menggunakan prinsip kartu perforasi (berlubang-lubang) yang sama digunakan pada Analytical Engine. Tugas pertamanya ialah bagaimana cara cepat melakukan perhitungan bagi Biro Sensus AS. Karena sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu 7 tahun, dan dengan memperhitungkan pertumbuhan penduduk saat ini, sensus membuat kemungkinan akan bisa selesai dalam 10 tahun.
Hollerith kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat
tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan
alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Selain memiliki keuntungan
dibidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.

Tabulating Machine

Kemudian, ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 dan kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami merger/penggabungan.
Lalu pada masa berikutnya, beberapa insinyur, Vannevar bush
(1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan diferensial di tahun 1931. Mesin yang dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap
6
rumit oleh kalangan akademisi.
Pada tahun 1903, john V Atanasof dan Clifford
Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.
Pendekatan ini berdasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa system biner aljabar,
yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematk dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.
Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah kedalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubungterputus, Atanasof dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.
Terima kasih karena telah membaca, karena terlalu panjang, jadi dibuat dalam dua postingan, silahkan masuk ke postingan selanjutnya untuk membaca lanjutannya atau bisa klik disini –> Sejarah Komputer Dunia Bagian 2

Referensi:
Buku Computers in Today’s World karya Ralph M.Stair, JR.
Ebook Sejarah Komputer di Digital Library UNIKOM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *