Pengertian, Sejarah, dan Manfaat Kalkulus

kalkulus

Apa sih kalkulus itu?

Kalkulus secara definisi menurut bahasa latin adalah “calculus” yaitu batu kecil untuk menghitung. Kalkulus secara istilah merupakan cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral dan deret tak terhingga. Sama halnya dengan ilmu-ilmu perubahan lain seperti pada geografi yang mempelajari tentang perubahan bentuk serta aljabar yang mempelajari tentang persamaan dan sistem operasi.

Kalkulus dapat di aplikasikan dalam berbagai bidang, seperti pada bidang sains, ekonomi, teknik, serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tak dapat dipecahkan dengan aljabar elementur.

Cabang-Cabang Kalkulus

Kalkulus memiliki dua cabang, yaitu kalkulus diferensial dan integral. Diferensial itu merupakan perbuahan fungsi dan integral merupakan kebalikan dari kalkulus diferensial.

Sejarah Kalkulus

Kalkulus sudah muncul sejak zaman kuno yaitu dari pemikiran manusia saat itu yang sekarang dikenal sebagai kalkulus integral. Dan pada tahun 1800 SM oleh Papirus Moskwa Mesir, ia menggunakan konsep kalkulus yang dapat melakukan perhitungan volume dan luas, detailnya yaitu perhitungan Piramida terpancung.

Kemudian di zaman pertengahan, Aryabatha (499 M) menggunakan konsep tak hingga yang ia gunakan pada masalah astronomi dalam bentuk persamaan diferensial dasar. Pada abad 12, oleh Bhaskara II ditemukan bentuk awal turunan dan Teorema Rolle. Lalu oleh Sharaf al-Din ia menemukan turunan dari fungsi kubik.

Di Tahun 1000 M, Ibn Al-Haytham, ia merumuskan perhitungan hasil jumlah pangkat empat yang merupakan induksi matematika dengan merumuskan perkalian umum pangkat integral.

Pada abad 14, Madhava dan matematikawan astronomi menjelaskan tentang kasus deret Taylor.

Lalu di zaman modern, pada abad 17, Leibniz dan Newton, yaitu para peneliti dianggap sebagai penemu kalkulus. Newton yang meneliti pada bidang fisika, dan Leibniz meneliti pada notasi kalkulus.

Manfaat Kalkulus

Dalam ilmu kalkulus, dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis bidang, seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa kalkulus dapat digunakan pada bidang-bidang sains, ekonomi, teknik, dan sebagainya.

Dalam bidang sains atau kedokteran, kalkulus dapat digunakan untuk menghitung volume kanker. Pada bidang ekonomi, kalkulus dapat digunakan untuk menghitung biaya dan pendapatan marjinal atau disebut menghitung keuntungan dan kerugian dalam sebah usaha atau bisnis. Pada bahkan pada bidang politik dapat digunakan untuk membuat siasat. Dan yang pastinya dalam bidang pendidikan digunakan untuk membuat para murid meningkatkan minat, gairah, kreatifitas, komunikasi serta untuk ilmu-ilmu lainnya.

Mungkin segitu dulu yang bisa saya sampaikan, nantikan materi selanjutnya lain waktu. Tetap stay di website Kuliah Matematika. Ingin materi kalkulus yang lain? Silahkan klik disini –> Kalkulus

Referensi:

https://kompasiana.com/aisthisahla02/5diob2ff0d823044290f4552/kalkulus-dan-manfaat
https://wikipedia.org/wiki/kalkulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *